Rabu, 10 November 2010

Tiga hal yang membuat Islam bisa diterima dan berkembang

Tiga hal yang membuat Islam bisa diterima dan berkembang tercermin dalam kepribadian Rasulullah Nabi Muhammad SAW yang membuat beliau dihormati dan disegani;
1. Siroh, perilaku Rasulullah. Selalu mencerminkan budi pekerti yang luhur. Kepada siapapun Rasulullah selalu baik, meskipun disakiti, dihina dan sebagainya. Rasulullah juga tidak memperhatikan pada golongan tertentu, entah itu budak, orang miskin, pejabat kaya raya sekalipun beliau tetap menghargai dan menghormati mereka. Beliau juga dikenal sosok yang jujur. Maka banyak orang-orang pada jaman itu berbondong-bondong masuk islam karena melihat akhlak beliau yang sangat luhur.
2. Suroh, gambaran atau penampilan Rasulullah. Penampilan Rasulullah yang selalu sabar, tenang berwibawa membuat beliau dihormati oleh kaumnya. Gambaran atau penampilan Rasulullah yang nampak terlihat dari luar itu merupakan cerminan dari hati Rasulullah yang jernih dan bening dari perbuatan-perbuatan jahat.
3. Sariroh, batin dan pikiran Rasulullah. Hati Rasulullah yang bersih mempengaruhi setiap sikap dan keputusan Rasulullah dalam berbagai hal. Beliau tidak menggunakan jalan kekerasan dalam menyampaikan jalan kebenaran (Islam).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar